Di dunia ini banyak sekali tempat menarik yang bisa Anda kunjungi saat berlibur. Salah satu negara tujuan wisata yang bisa Anda kunjungi adalah China karena di negara tirai bambu ini, ada banyak tempat-tempat keren yang layak menjadi tujuan wisata.

Guangzhou adalah kawasan terbesar di China selatan. Kota ini memiliki seabrek tempat indah dan menarik yang cocok untuk foto-foto. Dari sekian banyak tempat wisata di Guangzhou, berikut ini adalah rekomendasi 10 tempat wisata di Guangzhou yang wajib dikunjungi.

1. Canton Tower

canton-tower-300x199

Canton Tower atau Menara Canton ini sebelumnya dikenal dengan nama Menara Guangzhou TV & Sightseeing atau TV Tower. Menara ini berlokasi dekat dengan kawasan Chigang Pagoda, Distrik Haizhu. Pembukaan menara ini dilakukan pada tanggal 29 September 2010 untuk perhelatan Asian Games 2010 saat Guangzhou menjadi tuan rumahnya.

Hingga sekarang, menara ini masih mendapatkan gelar sebagai salah satu bangunan tertinggi di China. Dulunya menara ini sempat menjadi menara tertinggi di dunia selama setahun dengan menggeser kedudukan Menara CN (553 m) yang ada di kota Toronto, Ontario, Kanada. Kini, menara teringgi di dunia diduduki oleh menara Tokyo di Jepang.

Salah satu hal yang menarik dari tempat wisata di Guangzhou ini adalah model bangunannya yang menarik dan eksotis. Menara ini memiliki desain luar yang unik, sementara dari dalam menara, pengunjung bisa melihat keindahan pemandangan kota Guangzhou.

2. Temple of Six Banyan Trees

temple-of-six-banyan-trees-300x200

Temple of Six Banyan Trees adalah salah satu kuil yang ada di Guangzhou. Kuil Buddha ini dibangun pada tahun 537 SM saat masa dinasti Liang. Awalnya, kuil ini bernama kuil Baozhuangyan, akan tetapi kemudian sastrawan terkenal bernama Shi Su menyebutnya dengan “Liu Rong” (Six Banyan Trees). Penyebutan itu dikarenakan saat itu ia melihat enam pohon beringin di sekitar bangunan.

Selain sebagai tempat ibadah, kuil ini juga menyajikan pesona lain. Saat musim semi atau sekitar bulan April, kuil ini mengadakan Festival Musim Semi China dan Festival Lentera. Saat kegiatan ini berlangsung, banyak umat Buddha maupun wisatawan yang datang berkunjung ke tempat wisata di Guangzhou ini.

3. Guangzhou Opera House

guangzhou-opera-house-300x200

Guangzhou Opera House merupakan gedung teater yang besar dan indah. Keindahan gedung yang diresmikan pada bulan Mei 2010 ini tak lepas dari peran arsitek Zaha Hadid yang berasal dari Irak. Dia adalah perempuan pertama pemenang Pritzker Architecture Prize. Gedung yang dibangun menghadap Sungai Pearl ini membutuhkan waktu lima tahun untuk selesai.

Struktur bangunan tempat wisata di Guangzhou ini terdiri dari granit dan rangka baja kaca. Interior gedung ini pun sangat menakjubkan dan memiliki auditorium yang asimetris. Agak tidak lazim memang, tetapi suasananya yang artistik pas sebagai tempat menonton opera yang dramatis.

4. Dr. Sun Yat Sen Memorial Hall

dr-sun-yat-sen-memorial-hall-300x191

Sesuai dengan namanya, bangunan ini didirikan untuk mengenang Sun Yat Sen, seorang revolusioner China sekaligus presiden pertama China. Gedung ini terletak di lereng selatan Yuexiu Hill.

Menurut sejarah, gedung memorial ini dirancang oleh Lu Yanzhi. Pada tahun 1929, gedung ini mulai dibangun dengan dana sejumlah $500.000 dan selesai pada tahun 1931. Gaya bangunan ini merupakan gaya khas China, yaitu berbentuk segi delapan.

Jika Anda adalah penyuka wisata sejarah, tempat wisata di Guangzhou ini adalah tempat wisata yang tepat untuk Anda kunjungi. Saat ini, Sun Yat Sen Memorial Hall digunakan sebagai tempat pertemuan penting, tempat pementasan teater, serta tempat acara konser. Bangunan ini bisa menampung pengunjung sampai dengan lebih dari 3000 orang.

5. Lotus Hill

lotus-hill-300x225

Lotus hill adalah salah satu bukit yang terletak di dekat Sungai Pearl, di pinggiran timur kota Panyu.

Nama Lotus Hill didapat dari sebuah dongeng yang menceritakan tentang seekor naga jahat yang ada di Laut Tiongkok Selatan. Naga ini kerap membuat gelombang di Sungai Pearl. Akibat dari ulah naga tersebut, kapal-kapal menjadi terguling dan lahan pertanian terendam banjir. Musibah ini mulai berhenti ketika Dewi Belas Kasihan melihat penderitaan yang dialami rakyat. Untuk menjinakkan naga, Dewi Belas Kasihan melemparkan teratai ke air dan duduk di atasnya sehingga sang naga berhasil dijinakan.

Batu teratai yang terletak di sebelah Bukit Nantianmen diyakini sebagai teratai yang dilempar sang Dewi.

Iklan